Skip to main content

Toilet Training on progress

Pas baca-baca di internet sekitar setahun lalu, mulai cemas gara-gara banyak ibu-ibu yang rajin banget ngelatih anaknya potty training dari anaknya umur 6 bulan. Whew, sementara di usia anakku 1 tahun, aku masih belum ngelatih sama sekali,hihihi...usia 1-4 bln, ieva nggak pernah pakai pospak (popok sekali pakai), jadi tiap sejam harus rajin melek di malam hari ngecek kalau dia pipis. Usia 4 bulan keatas sedikit terbantu ama popok clodi (cloth diaper), cuma clodi baru beragam merknya tahun 2011 ini,tahun 2009 mah masih sedikit bgt jenisnya, ada yang panas, ada yang bikin pantat anak jadi gembul, hehehe...



So...di umur ieva 1,5th dimulailah aktivitas toilet trainingnya. Ternyata betul, butuh proses yang nggak singkat,sampai sekarang pun (2th 5 bln) ieva masih latihan untuk toilet training di malam hari. Dicoba pakai pispot, nggak mau sama sekali (jadi warning juga untuk mama-mama yang lagi hunting pispot, kalo bisa jangan beli yang langsung mahal sampe ratusan ribu, coba yang murah dulu, kadang nggak semua anak mau pakai pispot) . Dicoba pakai portable seat untuk di toilet awalnya juga nggak mau. Jadi langsung deh aku manual aja jongkok di lantai kamar mandi, wakakak... Tiap setengah jam dibawa ke kamar mandi, dijelasin tentang toilet, dsb. Selama setengah tahun, paling nggak kita harus siap stok banyak sprei, banyak kain untuk ngepel ompolnya. Sekarang udah lepas pospak kalau pagi sampai malam, cuma malam aku masih pakaikan karena nggak kuat kadang aku kecapean banget. (fyi, anakku jam tidurnya dari bayi agak ajaib, diatas jam 12 malem dan aku sendirian nggak ada siapa-siapa untuk bantuin jaga anak)

Tahapannya kira-kira begini: (range usia anak 9 bln s/d 2th)

Belum bisa bilang mau pipis karena belum bisa ngomong ---> Bisa bilang pipis tapi setelah dia pipis/ngompol(ini tahap paling butuh kesabaran kita) ---> Bisa bilang pipis sebelum ngompol.

Tenang aja nggak usah panik kalau anak kita lambat perkembangannya, masih belum bisa ngomong pipis, dll, nggak usah terlalu perfeksionis karena tiap anak perkembangannya beda. Paling penting sabar aja, karena nggak munafik aku juga sempat berkali-kali hilang kesabaran kalau sprei baru diganti 10 menit kemudian udah dipipisin lagi.

Beberapa tips untuk toilet training:

  • Boleh aja dilatih sejak dini/ sedini mungkin dari bayi bisa duduk 8-9 bulan (untuk para ibu yang super rajin nggak kayak daku, hohoho)
  • Terus-menerus dibilangin kalau pipis jangan di kamar, tapi di kamar mandi
  • Alat yang membantu: cloth diaper untuk latihan awal, kalau pampers kan kering terus, jadi si anak nggak bisa belajar kalau dia lagi pipis. Kalau clodi bisa basah setelah 2x pipis, jadi anak tahu kalau dia pipis. Lalu sprei anti ompol yang waterproof (banyak kok yang jual di internet), paling nggak, kasur kita aman nggak belang-belang karena noda ompol.
  • Tiap setengah jam rajin dibawa ke toilet, ditanyain mau pipis atau nggak. Seiring usia anak, dia ntar bisa geleng kepala kalau memang lagi nggak mau pipis.
  • Musti sabarrrrrrr! ;)
Aku bukan ibu yang sempurna, tapi aku sungguh bersyukur dan suatu anugerah bisa ngeliat anak sendiri dari nggak bisa ngomong apa-apa, sampai bisa bilang "mau pipis". It's a simple word buat kita orang dewasa, tapi ternyata need a long long long time untuk si anak bisa ngucapin dua kata itu :)

Popular posts from this blog

Review tempat main anak BSD

Aduuh udah lamaaa bertahun-tahun nggak buka blogspot lagi, gara-gara INSTAGRAM EFFECT.... bikin males nulis dan nggak produktif. Padahal kalau secara penyimpanan memori, lebih asyik blogspot yang nanti bisa diwariskan ke anak-anak lho... Ceritanya kali ini mau cerita aja tentang area main anak sekitaran BSD walaupun baru 3 tahun tinggal resmi disini. Hari biasa aktivitas aku sama anak-anak udah mayan padat, apalagi sejak ieva masuk SD dan imelda masuk TK, otomatis muternya yaaa sekitaran BSD doang, hehehe.... Eniwey, BSD sekarang macet banget yah. Sejak ada Hall ICE dan AEON, tiap weekend daerah putaran maut ITC-BSD Junction itu pasti muacet pol. Dasarnya gw emak males ngesot jalan-jalan, ini cerita beberapa tempat main anak: 1. Little Jungle, Flavor Bliss, Alam Sutera Harga Tiket 2016: WEEKDAYS  Reguler 40.000,-/anak. VIP 60.000/anak, pendamping 10.000/orang. VIP itu bisa main yangoutbond segala. WEEKEND Reguler 60.000,-/anak. VIP 90.000/anak, pendamping 15.000/orang. VIP

Mengurus Perpanjangan Paspor Anak Tangerang Selatan

Mengurus perpanjangan paspor anak (paspor biasa, bukan e-paspor) nggak terlalu rumit prosedurnya, untuk area BSD aku ambil di : UNIT LAYANAN PASPOR KANTOR IMIGRASI KELAS 1 TANGERANG Ruko Golden Boulevard Blok E No 5-6, Lengkok Karya, Serpong Utara, Tangerang Selatan 15310 Syarat: Unduh/download aplikasi Layanan Paspor Online Ikuti petunjuk di aplikasi itu (daftarkan email kita, isi data sesuai perintah) Untuk imigrasi BSD ini pendaftaran antrian semua harus dari aplikasi ini, dan bukalah aplikasi ini harus hari Jumat mulai pukul sampai Minggu , itu untuk dapat nomor antrian selama 1 minggu ke depan. Di aplikasi, klik menu Antrian, pilih di peta, kantor Imigrasi tangerang Selatan, pilih hari apa dan jam berapa kita mau ke kantor itu untuk bawa berkas asli dan fotokopi. Jika sudah lengkap semua data, akan langsung dapat nomor antrian dan barcode antrian di hape kita, beserta hari rencana kedatangan.  Sambil menuju hari H, kita lengkapi dulu berkas hadcopynya: Fotokopi

Lego Legoan

Berhubung ieva mulai masuk usia seneng main balok yang lebih rumit, udah 2x ini aku kasih mainan Lego KW merk Bella and Friends. Nggak nyangka deh, walaupun KW dan harganya gak seperti LEGO, tapi kualitas bahan dan macamnya bagus-bagus, lho. Buku panduan perakitannya juga detail dan bermutu. Aku biasa beli disini , karena udah nyoba cari di ITC BSD aja harganya bisa beda 100 ribuan, waksss.... Tema nya juga cukup beragam, untuk ieva mungkin karena anak cewek, dia lebih suka tema yang berhubungan dengan dapur dan tanaman dan kebun dan kolam renang, hehehehe...kalo anak cowo jangan dibeliin Bella and Friends yaa :) Ini tampilan setelah kita rakit bareng-bareng: (ieva belum bisa merakit, tapi dia sudah aku ajari membaca gambar teknik di buku panduannya) ini tema Cake Shop, beneran ada kue kue mini dari baloknya, lucuuuuu banget! Untuk tahap awal sebelum menuju balok rumit, ieva belajarnya pakai puzzle 3D yang kertas itu, bisa juga kalau mau praktis, nge print dari inte