Skip to main content

Kidzania Time!

Akhirnya umur dan tinggi badan ieva cukup untuk masuk Kidzania :)

Kira-kira kalau sudah 4 tahun begini, sudah cukup mengerti untuk diajarin rules nya dan sistem permainan di Kidzania. Sebetulnya si papa yang pengen banget ajak dia kesana, kebetulan memanfaatkan cuti sebelum masuk kantor baru, kami semua piknik ke Kidzania.

Biar sepi, kami perginya hari biasa dan start dari jam 10 pagi, pas baru buka. Asyiknya lagi, karena lagi bulan Ramadhan, ada promo tiket masuk, yang anak jadi Rp 130.000,- yang dewasa jadi RP 90.000,-. Kalau tarif normal Rp 150.000/orang. Imelda masih gratis karena baru satu tahun.

Pas masuk, ieva masih kelihatan bingung, waktu lewat booth nya profesi perawat, si petugasnya nawarin untuk masuk. Jadi ieva kami semangatin supaya dia mau. Wihhhh asyik banget lho ternyata, di dalem booth ieva didandanin persis perawat, terus diajarin dasar-dasar profesi si perawat. Ada miniatur kamar bayi di rumah sakit. Ieva diajarin cara buka popok bayi, gendong, dsb. Orangtua nggak boleh masuk sama sekali ke semua wahana. Kita bisa nonton aktivitas anak dari jendela-jendela mungil di setiap wahana. Boleh foto-fotoin mereka dari luar. Keluar dari kamar perawat, ieva kelihatan mulai happy, terus nyobain nukar cek yang didapat di pintu masuk tadi, ditukar di bank BCA yang ada disitu. Tentu saja semuanya pakai uang mainan. Hebatttt....ieva bisa antri sendiri! Hebatnya si Kidzania ini, bisa memunculkan potensi anak-anak kita yang kayaknya kita selalu mikir "ah masa sih bisa?" menjadi kenyataan! Ternyata emang kepintaran dan kemandirian anak itu sudah ada dan mereka lebih pintar dari perkiraan kita.


hai perawat cantiiik....

Setelah itu beberapa wahana lain dicoba ama ieva, ada Indomaret mainan, pura-pura belanja, bayar di kasir, ada anak lain yang jadi petugas kasirnya. Wahana lain, nyobain juga booth Sari Roti. Kayaknya ini paling asyik deh (buat aku yang nonton ya, gatau deh ieva gimana, ahaha). Di Sari Roti, ada dua profesi, jadi tukang keliling yang dorong gerobak roti (komplit dengan replika roti dan lagu Sari Roti itu,hehehe) profesi lainnya jadi yang kerja di dapur. Ieva dapat yang kerja di dapur. Disitu diajarin cara buat roti, cara mengemas, dsb. Waktu keluar, ieva bawa roti hasil buatannya yang udah dicetak pakai bread mold. dan diisi meses atau selai.


Oya tiap wahana biasanya sekitar 20 menit waktu mereka di dalam untuk belajar. Setelah itu kami nyobain booth Pertamina. Ngajarin anak pengalaman isi bensin sendiri. Tapi sebelumnya ieva harus punya SIM dulu untuk nyetir mobil. Jadi harus buat SIM dulu, pertama ke booth Hospital untuk medical check up. Dari situ, ke booth Driving License, terus difoto, nah terus dapat kartu SIM+foto yang persis kyk SIM kita!!!! Hihihihihiii so cute banget deh pokonya. Baru deh ieva bisa nyetir mobil, dia kelihatan seneeeeng banget di Pertamina ini. Cuma 2x putaran aja terus selesai. Keluar dari sana, baru deh dia kelihatan energinya full 100% :)

wahana favoritku nih :)

Habis itu ieva minta naik bus Big Bird (lupa bayar berapa Kidzos*) Kidzos=nama uang mainan di Kidzania. Karena sepi, si masnya baik banget, masa ieva diajak muter kota 2x! hehehehe....mungkin karena ieva cuma sendiri di bus. Aku kira dia bakal takut naik bus sendirian tanpa lihat ortunya. Eeeeh malah kesenengan dan minta lagi, gakmau turun.

itu petugas yang dirayu ieva supaya muter 2x gratis, hehehe

Setelah itu, ieva nyobain booth dokter gigi (sponsornya Pepsodent). Disitu juga dia sendirian, jadi kayak privat deh diajarin ama petugasnya, hehehe... Disana diajarin cara gosok replika gigi, terus meriksa pasien yang dari boneka. Ieva kelihatan cantik banget disini, papanya sampe nggak bosen-bosen motret dia dari luar :)

ieva takut-takut ama si bonekanya

Nggak terasa udah hampir 4 jam di dalam, karena kami harus pulang jam 2 siang, ieva nyoba booth terakhir yaitu pabrik SilverQueen. Aku pikir, biar dia seneng, kan pasti ntar dapat cokelat  gratis, hihihihi... Boothnya Silverqueen keren abissss, lengkap sama miniatur mesin pengaduk, mesin kemasan, dsb. Beneran deh, ieva langsung rakus dapet cokelat, sampe lupa belum di seal kemasannya, dia udah makan duluan sampe diketawain anak-anak lain, ampun malu-maluin, hahahaha...

ini juga keren wahananya

Puassssss banget main disini. Sebagai alumnus desainer grafis, aku salut banget ama kemasan macam-macam merek di Kidzania. Perusahaan-perusahaan besar rela invest besar disitu, jadi sponsor, karena mereka tahu banget cara menanam brand sejak dini. Bayangin aja, pulang dari sana, ieva maunya kalau ke alfamart beli cokelat ya Silverqueen, kalau beli roti ya Sari Roti. Kebayang kan kalau ada 1000 anak yang kayak ieva, udah teracuni /"cuci otak" sebuah merek sejak dia kecil! Hebat banget, pasti keuntungan perusahaan dari penjualan produknya langsung melejit.

Selain itu, Kidzania bener-bener ngajarin anak secara realistis. Mereka jadi tahu macam profesi, yang biasanya cuma bisa aku jelasin dari gambar buku. Disini betul-betul belajar dengan efektif dan efisien banget deh. Pasti nyantol nya ke otak si anak, tanpa kita susah payah jelasin. Ieva langsung ngerti "Ooo dokter tu kerjaannya gini", "Oooo tukang roti tu kerjaannya gitu".

Kayaknya wahana yang laris selama aku disana: Sari Roti, Nursery, Dentist, Silverqueen, Fireman, dan Pizza Maker. Tapiiiii..belum semua wahana aku dan ieva datangi yaaa, di lantai atas masih ada yang banyak belum dicobain. Hmmm... next trip kayaknya, wajibbbb kesini lagi! :) Walaupun kalau lihat logo Kidzania yang di halaman tengahnya rada-rada berbau New World Order, hahahaha gapapalah yang penting ieva senang dan tambah pinter ya nak :)

slogan "Get Ready for a Better World" nya New World Order banget deh,hehehe

I think this is the best place i ever visited. Not only for my kids, but also the parents....

Popular posts from this blog

Review tempat main anak BSD

Aduuh udah lamaaa bertahun-tahun nggak buka blogspot lagi, gara-gara INSTAGRAM EFFECT.... bikin males nulis dan nggak produktif. Padahal kalau secara penyimpanan memori, lebih asyik blogspot yang nanti bisa diwariskan ke anak-anak lho... Ceritanya kali ini mau cerita aja tentang area main anak sekitaran BSD walaupun baru 3 tahun tinggal resmi disini. Hari biasa aktivitas aku sama anak-anak udah mayan padat, apalagi sejak ieva masuk SD dan imelda masuk TK, otomatis muternya yaaa sekitaran BSD doang, hehehe.... Eniwey, BSD sekarang macet banget yah. Sejak ada Hall ICE dan AEON, tiap weekend daerah putaran maut ITC-BSD Junction itu pasti muacet pol. Dasarnya gw emak males ngesot jalan-jalan, ini cerita beberapa tempat main anak: 1. Little Jungle, Flavor Bliss, Alam Sutera Harga Tiket 2016: WEEKDAYS  Reguler 40.000,-/anak. VIP 60.000/anak, pendamping 10.000/orang. VIP itu bisa main yangoutbond segala. WEEKEND Reguler 60.000,-/anak. VIP 90.000/anak, pendamping 15.000/orang. VIP

Mengurus Perpanjangan Paspor Anak Tangerang Selatan

Mengurus perpanjangan paspor anak (paspor biasa, bukan e-paspor) nggak terlalu rumit prosedurnya, untuk area BSD aku ambil di : UNIT LAYANAN PASPOR KANTOR IMIGRASI KELAS 1 TANGERANG Ruko Golden Boulevard Blok E No 5-6, Lengkok Karya, Serpong Utara, Tangerang Selatan 15310 Syarat: Unduh/download aplikasi Layanan Paspor Online Ikuti petunjuk di aplikasi itu (daftarkan email kita, isi data sesuai perintah) Untuk imigrasi BSD ini pendaftaran antrian semua harus dari aplikasi ini, dan bukalah aplikasi ini harus hari Jumat mulai pukul sampai Minggu , itu untuk dapat nomor antrian selama 1 minggu ke depan. Di aplikasi, klik menu Antrian, pilih di peta, kantor Imigrasi tangerang Selatan, pilih hari apa dan jam berapa kita mau ke kantor itu untuk bawa berkas asli dan fotokopi. Jika sudah lengkap semua data, akan langsung dapat nomor antrian dan barcode antrian di hape kita, beserta hari rencana kedatangan.  Sambil menuju hari H, kita lengkapi dulu berkas hadcopynya: Fotokopi

Lego Legoan

Berhubung ieva mulai masuk usia seneng main balok yang lebih rumit, udah 2x ini aku kasih mainan Lego KW merk Bella and Friends. Nggak nyangka deh, walaupun KW dan harganya gak seperti LEGO, tapi kualitas bahan dan macamnya bagus-bagus, lho. Buku panduan perakitannya juga detail dan bermutu. Aku biasa beli disini , karena udah nyoba cari di ITC BSD aja harganya bisa beda 100 ribuan, waksss.... Tema nya juga cukup beragam, untuk ieva mungkin karena anak cewek, dia lebih suka tema yang berhubungan dengan dapur dan tanaman dan kebun dan kolam renang, hehehehe...kalo anak cowo jangan dibeliin Bella and Friends yaa :) Ini tampilan setelah kita rakit bareng-bareng: (ieva belum bisa merakit, tapi dia sudah aku ajari membaca gambar teknik di buku panduannya) ini tema Cake Shop, beneran ada kue kue mini dari baloknya, lucuuuuu banget! Untuk tahap awal sebelum menuju balok rumit, ieva belajarnya pakai puzzle 3D yang kertas itu, bisa juga kalau mau praktis, nge print dari inte