Skip to main content

Setelah Sekian Lama Nggak ke Taman Mini Indonesia Indah


Terakhir ke TMII waktu aku masih SD. Hahaa....udah lama banget ya... karena liburan Juni Juli 2016 hampir habis, si Papa ngajakin ke TMII. Nggak disangka, ternyata anak-anak super happy disana!

Harga tiket masuk TMII masih murah banget lhoo... Rp 10.000 per orang. Itupun karena Imel dilihat masih mini badannya (enaknya punya anak 4 tahun berbadan mini nih, hehe) dia malah digratisin!Cuma wahana di dalamnya memang kita harus bayar sendiri lagi ya...kalau untuk yang udah berbuntut dua kayak aku, semua acara jalan-jalan walaupun cuma ke TMII pun harus dihitung dulu dari rumah, mau ke wahana apa aja, wahana apa yang layak dinaiki, makan dimana, dsb. Karena semuanya bakal dikali empat kan, kalau nggak siapin dari hari sebelumnya, bakal ngerasa mahal juga ke TMII. Jadi wajib banget siapkan RAB sederhana dari rumah. Untung si Papa cowo tipe teliti beginian, jadi aku cukup ngurusin browsing artikel tentang wahana, dan nyiapin perlengkapan anak-anak. Kita mutusin bawa bekal juga, selain anak-anak lebih terjamin kebersihannya, lebih hemat juga.

TIKET 2016 semua ada disini daftarnya:

http://www.tamanmini.com/page/tiket

Pertama masuk kesana, langsung si ieva jingkrak-jingkrak karena naik kereta gantung, Tiketnya 40.000 per orang. Dia bisa lihat miniatur pulau Indonesia, walaupun di sekolah baru kelas 1 SD jadi belum diajarin tentang peta. Tapi someday dia diajarin di kelas, pastil langsung nangkepnya cepet karena udah lihat bentuknya. TMII ini bagus banget menurutku untuk anak SD ya, benar-benar brainwash untuk bikin anak ngerti tentang Indonesia dalam waktu beberapa jam aja. Ibu Tien adalah visioner sejati di masa lalu, yang mewariskan TMII untuk anak Indonesia.  Bayangin aja, aku cuap-cuap tentang "Ieva papa kamu itu orang Batak", tanpa dia ngerti Batak itu apa sih, konsepnya apa sih. Pas di TMII dia bisa langsung lihat wujud rumah Bolon, langsung nangkep deh :)
bersih yaaa....




Enaknya di TMII mobil bebas parkir dimana pun gratis. Mayanlah buat mamaknya ieva yang  males jalan kaki ini, hehehe. Di dalamnya bersih banget, udara segar dan recommended banget untuk wisata. Paling anjungannya rumah adat aja yang nggak semuanya buka.

Habis naik kereta gantung, kita nyobain kereta yang di atas itu namanya AEROMOVEL. Terminalnya agak kotor yah kurang terawat,padahal harusnya ini wahana utama supaya orang bisa keliling TMII tanpa pakai mobil. Terus keretanya yang udah kriyet-kriyet bunyinya, dan cuma kita berempat sendirian yang naik. Hiii..awalnya serem takut jatoh karena itu kereta udah tuwir bangetttt.... Pak ahok tolong dong kalau ada orang pegawai TMII, bikin kereta baru dong, pasti wisatawan bakal meningkat. Keretanya lumayan mahal  Rp 30.000 per orang (karena dengan fasilitas yang mengerikan kondisinya kayak gitu, kami berempat jadi Rp 120.000,- berasa kurang layak) Saran kami sebenernya kereta ini harusnya bayar aja 1x di awal agak mahal gak apa deh, tapi pas turun di stasiun-stasiun berikutnya bayar murah, pakai aja kartu gesek kayak model commuter line atau MRT singapur. Anggap aja kayak MRT untuk di dalam TMII biar orang nggak harus naik mobil.



Horeee si Papa pulang kampung ;)


Habis dari sana, kami ke wahana klasik, Istana Anak TMII :)))) Semua anak cewe wajib foto disini, hihihii....karena dulu aku juga pas kecil banyak foto di istana ini *yang anehnya kosong gak menarik, eksteriornya doang yang bagus. Naik sampai ke atap, anak-anak gak terlalu happy disini. Terus main ayunan di tamannya, sepi jadi enak. Ieva dan aku naik kereta kelinci, enak nih keretanya keliling istana anak, bersih dan menyenangkan. Imel lagi ngambek gatau napa, jadi digendong papanya aja gak ikut naik kereta.  Dari sana, gantian ieva dan papanya masuk teater 4D, gak tahu nonton apaan, tapi pas keluar kayaknya raut mukanya cukup happy, hihihihi.... Imel tiba-tiba kebelet buang air, terpaksa deh cari toilet di teater 4D ini, dan alamakkkk toilet terjorok yang pernah kulihat, hahahaha gausah crita deh.





si papa tiba-tiba kangen Kalimantan Timur,....ceilee...



Kami nggak ke SnowBay tempat berenang itu, karena takut waktu habis, lagian deket rumah BSD dah ada Ocean Park hehehe... Habis naik kereta, kami muterin anjungan-anjungan dan foto-foto. Danau di depan rumah Batak itu bagus banget.  Lalu kami ke beberapa museum. Museum murah sih masuknya paling Rp 5000,- perorang. Kami ke museum transportasi, tapi cuma lihat pesawat dan kereta Bung Karno aja, karena males masuk ke dalamnya jauuuh banget musti jalan kaki. Museum di TMII megah-megah tapi nggak tourist friendly. hihiihi....misal karena bangunannya yang massive dan masuk ke dalam harus jalan kaki 100-200 meter, males bo. Sayang museumnya banyak yang isinya nggak terawat. Misal Museum Listrik dan Energi Baru,  si papa semangat banget ajak masuk kesitu secara dia anak teknik mesin. Tapiiii masuknya itu melalui tangga ratusan anak tangga naik turun, kenapa yah desainnya begini!!! Nggak praktis banget. Sampe di dalam juga ada reaktor nuklir gede yang anak-anak juga nggak ngerti itu apaan. Kami berempat satu-satunya pengunjung. Untung ada maket cara kerja PLTA yang ada tombol bisa dipencet dan airnya jalan terus bohlam lampu nyala. Itu doang alat peraga yang  bisa dimainin anak dan bikin ieva ngeerti konsep PLTA. Sisanya cuma poster dan layar LCS baheula yang nggak tau apaan isinya. Udara di dalam juga lembap bikin merinding pas pertama kali masuk. Aku jadi sibuk mikirin setan daripada fokus ke materi di dalam museum.

museum transportasi

danau depan anjungan Kalimantan Timur, bersih dan adem bangettt


Satu-satunya museum yang menarik cuma Pusat Peragaan IPTEK buatan Pak Habibie. Konsepnya mirip, bahan lebih bagus daripada yang museum science di Singapura. Sayang interiornya nggak menarik, banyak debu, bikin aku nggak betah lama disitu. Tapi anak-anak seneng luar biasa disini, dan memang menurutku alat peraga sciencenya gilaaa asyik-asyik banget. Ada peragaan tsunami yang ieva bisa pompa sendiri airnya. ada peraga magnet dan cara kerja gempa bumi, ada peraga cara kerja satelit, aduh pokonya keren banget deh. Pas banget kita kesana, ada acara peragaan roket air, jadi anak-anak makin senang lihatnya. Pak Habibie, i heart you!!! Oya toilet di museum ini juga paling bersih selama aku ke toilet di TMII, ahahaha...

Oh iya ada museum air tawar juga, yang katanya koleksinya terlengkap di asia lho. Emang sih ikannya aneh banget, cuma dalemnya serem abissss.....gak dikemas kayak Sea World, jadi pengunjungnya bisa diitung jari. Dalemnya gelap, lembap, dingin, dan bau amisnya itu lho... aku yakin ikan disana juga pada nggak betah tapi mau kemana lagi mereka, hahaha....inget cerita Finding Dory. Ada ikan gatau apaan namanya, gedenya dua meter!!! OMG geli banget lihatnya. Tapi koleksi ikannya menurutku luar biasa keren, Sea World gak ada apa-apanya. Ikan kayak cicak aja ada disini.

Habis itu hari dah mulai siang terik, baru kita masuk Taman Legenda. .Ada wahana baru namanya Taman Legenda,di dalamnya banyak dinosaurus robot yang bagussss dan asyik dilihat. tamannya juga bersih banget, banyak mainan disana. Tapi agak sepi, mungkin karena mahal juga ya kalau harus bayar lagi masing-masing mainan itu. Sayang anak-anak dah kepanasan dan rewelll banget jadi kita cuma sempat ke Dinosaurusnya aja. Kalau disini rame banget. Terbukti kan kalau TMII itu udah harus direnovasi sebagian besar wahananya supaya up to date desainnya, buktinya orang rela bayar Taman Legenda segitu mahal, tapi bayar museum goceng aja malah gak rela.


Imel dah teler di mobil, ngorok saking capenya dia, hahaha....ieva dan aku jalan sore lihat deretan rumah ibadah yang ada di seberang Taman Legenda. Kalau ini dia dah hapal karena dari TK dah ada pelajarannya kan. Kita nggak masuk ke Keong Mas sih, udah cape banget. Sore hari kami pulang, kenangan di TMII ini berkesan banget, aku gak nyesel ajak anak-anak kesana karena banyak pengetahuan baru buat mereka tentang Indonesia. Beberapa kekurangan di TMII kita bisa maklumi, karena udah browsing dari awal kan.







Popular posts from this blog

Review tempat main anak BSD

Aduuh udah lamaaa bertahun-tahun nggak buka blogspot lagi, gara-gara INSTAGRAM EFFECT.... bikin males nulis dan nggak produktif. Padahal kalau secara penyimpanan memori, lebih asyik blogspot yang nanti bisa diwariskan ke anak-anak lho... Ceritanya kali ini mau cerita aja tentang area main anak sekitaran BSD walaupun baru 3 tahun tinggal resmi disini. Hari biasa aktivitas aku sama anak-anak udah mayan padat, apalagi sejak ieva masuk SD dan imelda masuk TK, otomatis muternya yaaa sekitaran BSD doang, hehehe.... Eniwey, BSD sekarang macet banget yah. Sejak ada Hall ICE dan AEON, tiap weekend daerah putaran maut ITC-BSD Junction itu pasti muacet pol. Dasarnya gw emak males ngesot jalan-jalan, ini cerita beberapa tempat main anak: 1. Little Jungle, Flavor Bliss, Alam Sutera Harga Tiket 2016: WEEKDAYS  Reguler 40.000,-/anak. VIP 60.000/anak, pendamping 10.000/orang. VIP itu bisa main yangoutbond segala. WEEKEND Reguler 60.000,-/anak. VIP 90.000/anak, pendamping 15.000/orang. VIP

Mengurus Perpanjangan Paspor Anak Tangerang Selatan

Mengurus perpanjangan paspor anak (paspor biasa, bukan e-paspor) nggak terlalu rumit prosedurnya, untuk area BSD aku ambil di : UNIT LAYANAN PASPOR KANTOR IMIGRASI KELAS 1 TANGERANG Ruko Golden Boulevard Blok E No 5-6, Lengkok Karya, Serpong Utara, Tangerang Selatan 15310 Syarat: Unduh/download aplikasi Layanan Paspor Online Ikuti petunjuk di aplikasi itu (daftarkan email kita, isi data sesuai perintah) Untuk imigrasi BSD ini pendaftaran antrian semua harus dari aplikasi ini, dan bukalah aplikasi ini harus hari Jumat mulai pukul sampai Minggu , itu untuk dapat nomor antrian selama 1 minggu ke depan. Di aplikasi, klik menu Antrian, pilih di peta, kantor Imigrasi tangerang Selatan, pilih hari apa dan jam berapa kita mau ke kantor itu untuk bawa berkas asli dan fotokopi. Jika sudah lengkap semua data, akan langsung dapat nomor antrian dan barcode antrian di hape kita, beserta hari rencana kedatangan.  Sambil menuju hari H, kita lengkapi dulu berkas hadcopynya: Fotokopi

Lego Legoan

Berhubung ieva mulai masuk usia seneng main balok yang lebih rumit, udah 2x ini aku kasih mainan Lego KW merk Bella and Friends. Nggak nyangka deh, walaupun KW dan harganya gak seperti LEGO, tapi kualitas bahan dan macamnya bagus-bagus, lho. Buku panduan perakitannya juga detail dan bermutu. Aku biasa beli disini , karena udah nyoba cari di ITC BSD aja harganya bisa beda 100 ribuan, waksss.... Tema nya juga cukup beragam, untuk ieva mungkin karena anak cewek, dia lebih suka tema yang berhubungan dengan dapur dan tanaman dan kebun dan kolam renang, hehehehe...kalo anak cowo jangan dibeliin Bella and Friends yaa :) Ini tampilan setelah kita rakit bareng-bareng: (ieva belum bisa merakit, tapi dia sudah aku ajari membaca gambar teknik di buku panduannya) ini tema Cake Shop, beneran ada kue kue mini dari baloknya, lucuuuuu banget! Untuk tahap awal sebelum menuju balok rumit, ieva belajarnya pakai puzzle 3D yang kertas itu, bisa juga kalau mau praktis, nge print dari inte