Skip to main content

ieva's 1st trip by plane: Singapore part 02



Day 01: Bugis Area, Esplanade, Singapore Flyer
Berangkat dari Jakarta pakai pesawat pagi (Tiger Airways), sampai Changi sekitar jam 1 siang. Sampai sana sempat setengah jam kehilangan stroller, dicari di bagasi pesawat nggak ada, hehe. Untung petugas bandaranya baik banget, dibantuin nyari sampai ketemu. Langsung deh ambil beberapa peta yang ada di Changi, lalu meluncur naik taksi ke hotel.

Dari paket tour, kita langsung check in di Fragrance Bugis Hotel. Lokasinya udah aku browsing dulu dari Google, jadi udah kebayang area sekitarnya semuanya. Hotelnya mungil kayak apartemen, tapi bersihhhh bukan maen deh. Karena bersihnya banget banget, jadi puas dan nggak kepikir ama kecilnya kamar dan kasurnya yang keras, hehehe. Lagian udah kebayang bakal jarang di hotel juga untuk jalan-jalan.


Kamarnya Fragrance Bugis



Jam 4 sore kita langsung berangkat ke Bugis Junction, yang jaraknya cuma 5 menit jalan kaki dari hotel. Disana makan siang di foodcourtnya Bugis Jucntion, makan nasi Hainam ayam, si Papa makan nasi Padang, wkwkwk jauh2 jalan, makannya makanan lokal Indo lagi...harga makanan variatif, tapi standar kok nggak mahal, sekitar 6-10 Sing Dollar

Lalu langsung nyoba MRT ke arah Esplanade, karena di area Esplanade banyak yang bisa dikunjungi, ada patung Merlion kecil, teater Esplanadenya, dan Singapore Flyer. Sampai stasiun MRT, bingung deh cara pakai mesinnya gimana, hahaha. Untung warga negara Singapore sangat helpful terhadap turis, jadi minta diajarin deh. Sampai Esplanade juga bingung-bingung, liat map terus makin bingung, akhirnya jalan santai aja deh gak usah lihat map melulu :p menikmati pe
mandangan bagus, udaranya sejuk soalnya habis ujan gerimis.

inside Esplanade

Depan Merlion Kecil - Fullerton Hotel

Setelah puas muter Esplanade, foto-foto di depan Fullerton Hotel, langsung cabut ke arah Singapore Flyer karena udah mulai malem. Hmm... bianglalanya udah sering lihat di foto dan tv, ternyata dalemnya nggak segede yang dikira :) Bagus dan rapi, area bawah untuk foodcourt, area tengah toko-toko, dan atas sudah bianglalanya. Tahun 2009 waktu bianglala terbesar di dunia ini baru berdiri, pernah ada insiden kerusakan jaringan listrik, sampai bianglala berhenti muter dan orang di dalam kapsul harus diungsiin satu persatu dari ketinggian 160m! Tapi denger-denger sekarang udah diperbaiki semua sistemnya. Semua sign system teratur, beda banget ama di Indo, jadi memang betul apa kata orang kalau di Singapore kita mustahil akan nyasar, 10 thumbs up deh buat negara ini!



view from Sing Flyer, 165m above sea level

Puas naik bianglala sekitar 30 menit, kebetulan nggak terlalu penuh, 1 kapsul tempat aku naik cuma berisi sekitar 8 orang. Pemandangan di atas, di ketinggian 165 meter...menakjubkan, hehe kebayang deh kalo candle light dinner disana, atau dilamar disana... (???) pas mau pulang nyari makanan di foodcourt nggak ada yang cocok di hati, akhirnya makan Popeye's deh... Di area foodcourt di bawah bianglala tempatnya nyenengin, cuma kayaknya jarang ada makanan halal deh... (cmiiw)

Pulang ke hotel naik taksi, soalnya udah capeee banget dan jam menunjukkan pukul 23.00, seharian gendong ieva, si Papa gendong stroller, lumayan remuk juga badannya. Mostly hari ini kita jalan kaki jauuuh banget keliling Fullerton sampai Esplanade dan Sing Flyer.

Hari 01 sangat sangat memuaskan! Ieva saking kecapekan dia udah teler duluan di strollernya diselimutin pake jaket, hehehe...

Day 02: Universal Studio, Sentosa Island, Vivo City
Pagi-pagi seger banget udaranya, selesai breakfast di hotel jam 07.00 kita langsung cabut, semangat baru untuk jalan-jalan lagi! Orang Singapore baru mulai beraktifitas sekitar jam 08.00 waktu sana, dan nggak satupun ada jalan yang macet. Nggak kayak di Jakarta yang dari jam 5 subuh udah penuh orang mau berangkat ngantor dan jalan udah mulai macet. (That's why I think the most diligent people in the world is Indonesia n people, hahaha)

Kita langsung jalan kaki ke arah Bencoolen Street untuk menunggu bus yang mau nganterin kita ke Universal Studio. Semuanya udah diatur sama biro tour yang kita pakai. Bencoolen dari Bugis dekat, sekitar 15 menit jalan kaki. Setelah seharian kemarin putar-putar, langsung mulai hapal daerah situ, soalnya kotanya teratur dan jalannya ada petunjuk arah semua. Naik bus, sampai U niversal jam 09.00, baru buka jam 10.00. Buat yang pengen kesini, sebaiknya beli tiket langsung dari Indo deh, amit-amit antri disananya (kebetulan kita udah dapet tiket gratis dari paket tour). Yah standarlah, foto dulu di depan si bola Universal, hahaha, disana-sini kedengeran logat orang-orang Indonesia semua.


Jam 10.00 gerbang besarnya dibuka, kita langsung masuk, puter-puter dan foto. Area permainannya nggak banyak, kalau dibandingin Dufan mah jauhlah lebih keren Dufan, hehehe...cuma ya tetep wajib kesini, masa ke Singapore tapi nggak ke USS. Makan siang di resto Mesir seberang patung Anubis yang gede banget itu,ada makanan Indonya juga, makanya restorannya banyak disinggahi orang Indo. Nggak enak sih makanannya, aku pesen gado-gado, ieva dan si Papa soto ayam. Tapi es kelapa mudanya enak, pakai buah kelapa yang mungil. ieva rakus banget ama es kelapanya :)




Sekitar jam 2 siang abis shopping banyakkk banget suvenir USS, kita ke Sentosa Islandnya. Beli paket yang half day, itu bisa pakai 4 wahana. Cuma half d ay, karena selain lebih murah, lebih efisien, kan disitu jam udah menunjukkan pukul 14.00, nggak akan keburu juga kalo serakah pengen naik semua wahana ^.^. Sentosa Island menyenangkan tempatnya, sejuk dan bisa putar naik monorail. Kita ke wahana patung Merlion raksasa, wahana Tiger Sky Tower yang naik sekitar 135 meter bisa lihat seluruh Singapore dari atas.



@ the head of Merlion Statue, Sentosa Island


view from Tiger Sky Tower

Abis itu ke Cinema 4D Pirates of Caribbean dan cinema 4D yang goyang-goyang kursinya (lupa judulnya apa), terakhir ke Song of The Sea. Aku dah ngeri ieva bakal nangis-nangis naik wahana heboh itu, eh ternyata dia malah ngakak-ngakak ama papanya, pas kursinya jumpalitan kesana-sini. Jadi yang ketakutan mamanya doang T.T

Sekitar jam 17.00 mulai gelap, kita ke area Song of The Sea di ujung pulau Sentosa. Kursinya di pinggir pantai, nggak komplitlah ke Sentosa tanpa ke wahana ini, soalnya ini the bestnya. Sayang hujan agak deres, jadi bete deh basah kuyup, u ntung pas mulai shownya jam 19.00 ujan brenti. Bagusss banget, nggak nyesellah nontonnya.

Pulang kembali ke Singapore naik monorail (gratis kalo dari Sentosa ke Vivo City), makan di Thai Express Vivo City. Kelaperan jadi kalap pesen makanan banyakkk banget, wkwkwkwk... Lalu langsung kembali ke hotel naik MRT. Great Day!

i'm sooo hungry! (sendok aja mau dimakan)

Day 03: Singapore Zoo, Singapore Science Center, Chinatown, Orchard, Victoria St

Singapore Zoo

Hari ini naik bus ke Singapore Zoo. Lumayan jauh, sekitar setengah jam naik bus. Ieva seneng lihat banyak hewan, disini dia pertama kali bisa bilang "Monkey", waah ngajarin flashcard selama ini nggak sia-sia, hehe... Kebun binatangnya overa ll bagus, adem enak buat jalan kaki, tapi masih kalah jauh kalau dibanding Taman Safari. Elephant shownya juga gajahnya masih kecil-kecil amatir, kalau dibanding waktu kita nonton di Thailand sih agak mengecewakan yang di Sing Zoo ini. Makan siang di Ah meng restaurant, Ah Meng itu nama orangutan dari Sumatra yang dulu dibawa ke Singapore. Penuh banget restonya, soalnya cuma ada itu, jadi antri, makanannya enak disini, apalagi eskrimnya, nyuumm...

Siang kita ke Singapore Science Center, lumayan nguras energi soalnya jauh banget naik MRT dan busnya. Dibilang gini di sitenya:" Jurong East Station, which is on both the East-West Line and the North-South Line. From there, you can transfer to bus 66 or 335, or take a short walk to the Science Centre" >>yang ternyata sama sekali nggak "short walk"!!!


Singapo
re Science Center

Sebenernya ini obsesi si bokap ieva, kikikikik, namanya juga Engineer, pengen ngenalin anaknya sedini mungkin ke dunia beginian. Alhasil dakulah yang ngomel karena perjalanan yang jauh banget, ngabisin setengah hari. Tapi sampai sana mayan terobati, tempatnya mendidik banget buat anak-anak. Kalau bawa anak udah SD pasti bagus banget, soalnya banyak pelajaran penting yang diajarin dengan fun pakai alat peraga disana. Ieva aja yang belom ngerti sangat antusias lihat alat warna-warni disana.

Chinatown
(jadi emak bawa batita musti sabarrrr...)


Selesai dari sana, kita naik MRT ke Chinatown. Bener kata orang, cari oleh-oleh disini karena murah-murah banget. Dari Chinatown udah mulai malem, kita naik MRT ke Orchard Road. Di Orchard cuma puter-puter, makan eskrim pinggir jalan yang terkenal enak itu (esnya pakai roti atau waffle), belanja DVD education buat ieva di Takashimaya.

Abis itu karena capek dan laper, kita ke Victoria St. by taksi (nggak kuat lagi angkut stoller by MRT, hehehe) , aku denger ada resto klasik namanya Chijmes. Itu komplek bekas gereja Katolik yang direnov ama pemerintah Singapore jadi tempat wisata. Sampai gerbangnya berasa salah kostum, hehehe mobilnya jaguar semua, sementara kita bermuka kucel kecapekan seharian... udahlah cuek aja, masuk ke salah satu resto steak Australi yang oke banget tempatnya (Hog's Breath Cafe) dan waiternya bule-bule ganteng, hohoo... Makanannya enak, minumannya enak, semua enak, perfect dinner!. Chijmes emang dahsyat banget tempatnya, recommended place buat yang pengen wisata ke Sing. Selesai dari sana langsung balik hotel jalan kaki, deket banget ke Bugis.




Day 04: Little India, Bugis Area, Back to Jkt

Little India

Yahh nggak berasa dah mau pulang... Pagi-pagi langsung cabut ke Little India, cuma foto dan lihat-lihat aja. Ieva diuwel-uwel ama Bapak-bapak orang India, hii serem jadi kabur :p
Dari sana ke Bugis, mau shopping, ehehe...Bugis memang jadi jadwal kita hari terakhir, karena paling deket sama hotel. Selesai shopping dan makan, jam 12 kembali ke hotel ambil koper, check out, langsung ke Changi deh..hiks hiks kembali ke Jkt...

TIPS travelling ke Singapore: buat wanita, wajib bisa baca peta, terutama peta MRT Singapore, hahaha... ngeprint petanya harus full color yaaa...

Recommended place: Universal Studio Sing, Singapore Flyer, Tiger Sky Tower @ Sentosa, Song of the Sea, Chijmes.

Popular posts from this blog

Review tempat main anak BSD

Aduuh udah lamaaa bertahun-tahun nggak buka blogspot lagi, gara-gara INSTAGRAM EFFECT.... bikin males nulis dan nggak produktif. Padahal kalau secara penyimpanan memori, lebih asyik blogspot yang nanti bisa diwariskan ke anak-anak lho... Ceritanya kali ini mau cerita aja tentang area main anak sekitaran BSD walaupun baru 3 tahun tinggal resmi disini. Hari biasa aktivitas aku sama anak-anak udah mayan padat, apalagi sejak ieva masuk SD dan imelda masuk TK, otomatis muternya yaaa sekitaran BSD doang, hehehe.... Eniwey, BSD sekarang macet banget yah. Sejak ada Hall ICE dan AEON, tiap weekend daerah putaran maut ITC-BSD Junction itu pasti muacet pol. Dasarnya gw emak males ngesot jalan-jalan, ini cerita beberapa tempat main anak: 1. Little Jungle, Flavor Bliss, Alam Sutera Harga Tiket 2016: WEEKDAYS  Reguler 40.000,-/anak. VIP 60.000/anak, pendamping 10.000/orang. VIP itu bisa main yangoutbond segala. WEEKEND Reguler 60.000,-/anak. VIP 90.000/anak, pendamping 15.000/orang. VIP

Mengurus Perpanjangan Paspor Anak Tangerang Selatan

Mengurus perpanjangan paspor anak (paspor biasa, bukan e-paspor) nggak terlalu rumit prosedurnya, untuk area BSD aku ambil di : UNIT LAYANAN PASPOR KANTOR IMIGRASI KELAS 1 TANGERANG Ruko Golden Boulevard Blok E No 5-6, Lengkok Karya, Serpong Utara, Tangerang Selatan 15310 Syarat: Unduh/download aplikasi Layanan Paspor Online Ikuti petunjuk di aplikasi itu (daftarkan email kita, isi data sesuai perintah) Untuk imigrasi BSD ini pendaftaran antrian semua harus dari aplikasi ini, dan bukalah aplikasi ini harus hari Jumat mulai pukul sampai Minggu , itu untuk dapat nomor antrian selama 1 minggu ke depan. Di aplikasi, klik menu Antrian, pilih di peta, kantor Imigrasi tangerang Selatan, pilih hari apa dan jam berapa kita mau ke kantor itu untuk bawa berkas asli dan fotokopi. Jika sudah lengkap semua data, akan langsung dapat nomor antrian dan barcode antrian di hape kita, beserta hari rencana kedatangan.  Sambil menuju hari H, kita lengkapi dulu berkas hadcopynya: Fotokopi

Lego Legoan

Berhubung ieva mulai masuk usia seneng main balok yang lebih rumit, udah 2x ini aku kasih mainan Lego KW merk Bella and Friends. Nggak nyangka deh, walaupun KW dan harganya gak seperti LEGO, tapi kualitas bahan dan macamnya bagus-bagus, lho. Buku panduan perakitannya juga detail dan bermutu. Aku biasa beli disini , karena udah nyoba cari di ITC BSD aja harganya bisa beda 100 ribuan, waksss.... Tema nya juga cukup beragam, untuk ieva mungkin karena anak cewek, dia lebih suka tema yang berhubungan dengan dapur dan tanaman dan kebun dan kolam renang, hehehehe...kalo anak cowo jangan dibeliin Bella and Friends yaa :) Ini tampilan setelah kita rakit bareng-bareng: (ieva belum bisa merakit, tapi dia sudah aku ajari membaca gambar teknik di buku panduannya) ini tema Cake Shop, beneran ada kue kue mini dari baloknya, lucuuuuu banget! Untuk tahap awal sebelum menuju balok rumit, ieva belajarnya pakai puzzle 3D yang kertas itu, bisa juga kalau mau praktis, nge print dari inte